Senin, 03 Februari 2014

Perjalanan Siwaratri FPMHD-Unud

Sebelum membahas perjalanan siwaratri yang dilakukan oleh FPMHD-Unud, disini penulis akan memberikan sedikit definisi tentang Siwaratri. Siwaratri adalah hari suci untuk melaksanakan pemujaan ke hadapan Hyang Widhi Wasa/ Tuhan Yang Maha Esa dalam perwujudannya sebagai Sang Hyang Siwa. Umat Hindu di Bali merayakan Siwaratri yang jatuh pada hari Catur Dasi Krsna paksa bulan Magha (panglong ping 14 sasih Kapitu).  
Sesuai dengan rapat pimpinan sebelumnya, telah disepakati bahwa acara siwaratri pada tahun 2014 ini akan mengadakan tirta yatra dengan rute Sekretariat FPMHD - Kampus Unud Sudirman - Pura Watu Klotok - Pura Silayukti. Rombongan yang ikut tirta yatra kali ini terlebih dahulu kumpul di forum mulai pukul 18.00 WITA. Rombongan yang ikut sebanyak 14 orang. Sebelum berangkat, rombongan melakukan persembahyangan di Sekretariat FPMHD pada pukul 7.30 WITA. Selesai di Sekretariat, persembahyangan dilanjutkan ke Kampus Unud Sudirman. Disini rombongan bertemu dengan alumni FPMHD-Unud. 
Selesai persembahyangan di Padmasana Kampus Unud Sudirman, Rombongan FPMHD Unud mulai berangkat dengan tujuan pertama ke Pura Watu Klotok. Dalam perjalanan ke Pura Watu Klotok, rombongan sempat membantu orang yang mengalami kempes ban motor. Sesampainya di Pura Watu Klotok pada pukul 23.10 WITA, rombongan melakukan persembahyangan. Rombongan FPMHD Unud menemui beberapa masalah saat melakukan persembahyangan di Pura Watu Klotok ini, seperti kurangnya tempat sampah sehingga menyebabkan sampah berserakan di areal pura.
Setelah selesai persembahyangan di Pura Watu Klotok, perjalanan dilanjutkan ke Pura Silayukti. Sampai di Pura Silayukti, pemedek yang tangkil tidak begitu ramai. Sebagian besar dari penduduk sekitar dan nelayan di sekitaran pelabuhan Padang Bay. Persembahyangan di Pura Silayukti bisa dibilang berjalan lancar dikarenakan pemangku masih siaga di pura walau sudah pukul 01.20 WITA. Selesai persembahyangan di Pura Silayukti, rombongan langsung mengakhiri tirta yatra dengan kembali ke Sekretariat FPMHD-Unud.

0 komentar:

Posting Komentar