Jumat, 27 Desember 2013

Sisi Lain DPA XX – “Keluh Kesah Seorang Kordinator Acara”

Perekrutan anggota sebagai bagian dari suatu organisasi merupakan hal yang terpenting  dalam jalannya sebuah organisasi. Anggota sebagai bagian dasar yang mempunyai fungsi besar sebagai pondasi awal kemajuan suatu organisasi. Salah satu organisasi di lingkungan Universitas Udayana dalam hal ini Forum Persaudaraan Mahasiswa Hindu Dharma-Universitas Udayana (FPMHD-Unud) memaknai arti pentingnya anggota dalam kemajuan organisasi kedepan. Hal ini terlihat dari dilaksanakannya acara Dharma Pengasraman Anggota (DPA) XX yang merupakan program kerja tahunan organisasi ini yang bertujuan untuk perekrutan anggota baru yang nantinya dapat menopang berbagai kegiatan yang akan dijalankan FPMHD-Unud kedepannya.
Bertempat di Pura Sibi Agung Desa Lebih Gianyar dari tanggal 13 hingga 15 Desember 2013, acara Dharma Pengasraman Anggota (DPA) dilaksanakan dalam kawasan pura baik dalam wantilan, madya mandala dan utama mandala. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari 2 malam ini mampu berjalan dengan baik dengan adanya kerja sama maupun koordinasi dengan baik antara panitia, peserta dan masyarakat sekitar Pura Sibi Agung.
Peserta DPA XX berjumlah 31 orang yang terdiri atas mahasiswa dan mahasiswi Hindu di lingkungan Universitas Udayana. DPA kali ini mampu membawa kesan tersendiri bagi Ni Putu Mulia Sari yang menjabat sebagai Koordinator Acara DPA XX. Jumlah peserta DPA tahun 2013 ini menimbulkan kesenangan tersendiri bagi mahasiswi Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Udayana ini, karena jumlah peserta mengalami peningkatan dari DPA tahun 2012 lalu.
Cerita tersendiri mampu diperoleh dari kegiatan rutin FPMHD-Unud tersebut. Koordinator acara sekaligus pengatur acara dalam DPA XX ini menuturkan kembali bahwa acara yang sudah tersusun dengan baik dengan persiapan acara kurang lebih 1 minggu ini, mengalami beberapa perubahan ketika acara yang direncanakan tengah berlangsung. Keterlambatan acara, kecemasan, kebingungan, dan kepanikan mewarnai kehidupan sang pengatur kegiatan pada saat itu. Selain itu, tekanan dari panitia lain untuk setiap acara yang berlangsung maupun perubahan acara selalu membayangi sang Kordinator Acara ini. Banyak hal baru yang terjadi saat itu, namun rintangan tersebut yang menyebabkan munculnya koordinasi baru antar panitia untuk sama-sama membangun acara baru sehingga acara DPA XX mampu berjalan sesuai yang diharapkan.

Profil Kordinator Acara DPA XX
Nama              : Ni Putu Mulia Sari
Jurusan            : Sosiologi / FISIP / Unud
Bidang             : Usaha dan Dana ( Sekretaris Bidang )
Motto              : Jadikan impian awal kesuksesan





5 komentar:

  1. permasalah yang timbul adalah suatu ujian untuk kita agar lebih dewasa dalam menghadapi cobaan hidup. tetap semangat semoga acara-acara FPMHD-Unud kedepannya dapat dilaksanakan sesuai apa yang telah direncanakan.
    Satyam Eva jayate

    BalasHapus
  2. Semangat buat adik-adik FPMHD Unud, pernah pengalaman juga jadi ketua DPA di Pura Taman Pule, sebuah kesempatan yg sangat berharga dalam lingkup semangat ngayah, apapun permasalahan yg kita hadapi di forum akan selalu menemukan jalan keluarnya, itulah yg tiang rasakan.

    BalasHapus
  3. Apapun yang kita alami akan menjadi pengalaman berharga yang akan membuat kita lebih kuat dikemudian hari,
    tetap semangat buat ngayah di Forum,
    Ingat, tidak ada Yadnya yang sia-sia.
    Satyam Eva Jayate!!

    BalasHapus
  4. apapun masalahnya qta tetap satu keluarga
    dumogi hasil yg diperoleh bisa lebih besar dari pada masalahnya :)

    BalasHapus
  5. Mahap,kemarin datang telat...kanggoin ya...

    BalasHapus